Bantuan Penyaluran Paket Pangan Bergizi Stunting Tahun 2023

Palu, Sulawesi Tengah – Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak sebagai akibat dari kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Hal tersebut ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan. Dalam Peraturan Presiden RI Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, bahwa kebijakan penanganan Stunting dilakukan dengan 2 (dua) metode intervensi, yaitu “Intervensi Spesifik” dan “Intervensi Sensitif”. Intervensi spesifik adalah metode mengatasi penyebab langsung terjadinya Stunting, sementara intervensi sensitif yaitu metode untuk mengatasi penyebab tidak langsung terjadinya Stunting. Percepatan penurunan Stunting bertujuan: 1) menurunkan prevalensi Stunting; 2) meningkatkan kualitas penyiapan kehidupan berkeluarga; 3) menjamin pemenuhan asupan gizi; 4) memperbaiki pola asuh; 5) meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan; dan 6) meningkatkan akses air minum dan sanitasi. Demikian sambutan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah yang dibacakan oleh Dr. Abdul Gafar Mallo, M.HI selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Lanjut Kadis dalam sambutan tertulisnya, pemberian bantuan sosial paket Pangan Bergizi bagi Stunting di wilayah Kota Palu dan Kab. Donggala sebagai wujud komitmen dan bukti kongkrit Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengimplementasikan Peraturan Presiden RI Nomor 72 Tahun 2021 dan juga menindaklanjuti Surat Gubernur Sulawesi Tengah yang mengamanatkan tentang Intervensi Pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023. Karena itu, Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah bersegera merespon lalu mengambil langkah “Gerak Cepat” melalui penyusunan program dan kegiatan pemberian Paket Pangan Bergizi bagi Stunting yang tertuang dalam Daftar Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023.

Fokus pemberian paket Pangan Bergizi bagi Stunting berada di 4 wilayah kelurahan di Kota Palu dan 10 kelurahan/desa di Kabupaten Donggala. Total sasaran Penerima Manfaat (PM) sebanyak 220 pm, dengan rincian: 120 pm di Kota Palu dan 100 pm di Kabupaten Donggala. Penyaluran paket Pangan Bergizi bagi Stunting dilakukan sebanyak 2 tahap. Tahap pertama, di bulan Juni 2023 yang telah dimulai Jumat, 09 Juni 2023 di Kelurahan Mamboro Kota Palu dan Senin, 12 Juni 2023 di Kelurahan Gunung Bale Kab. Donggala. Sementara tahap kedua direncanakan bulan Agustus 2023, insya Allah. Adapun jenis bantuan paket pangan bergizi yang diberikan kepada setiap penerima manfaat terdiri dari: Beras 10 kg; Susu Kental Manis 1 kaleng; Kacang Hijau 2 kg; Telur 60 butir, tambahnya.

Sedianya, bantuan paket pangan bergizi bagi Stunting ini akan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah (Dra. Sitti Hasbia N. Zaenong, M.Si) bertempat di kantor Kelurahan Gunung Bale. Namun Kepala Dinas tidak berkesempatan hadir, karena di waktu bersamaan mendapat undangan dari Bupati Morowali Utara untuk menjadi Narasumber pada kegiatan Bimtek “Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) Desa/Kelurahan se Kab. Morowali Utara”.

Di bagian akhir sambutan, Kadis mengharapkan kiranya bantuan sosial senantiasa bermanfaat adanya serta dapat mencegah dan menekan laju pertumbuhan dan pertambahan populasi Stunting di Sulawesi Tengah. Hadir pada acara pemberian paket pangan bergizi tersebut masing-masing Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah (Tenny Calvenny Soriton, S.Sos, MM), Ketua Tim Kerja Pengendalian Penduduk (Rosni, SE, M.Si) dan anggota, Kepala Dinas Sosial kab. Donggala diwakili Kepala Bidang Linjamsos, Camat Banawa dan Lurah Gunung Bale serta para penerima manfaat. Usai penyerahan simbolis di Kel. Gunung Bale, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan di Kel. Ganti, Tanjung Batu, Maleni, Bone Oge, Labuan Bajo, Kabonga Kecil, Kabonga Besar, Loli Dondo dan berakhir di Loli Tasiburi. Bantuan yang sama telah disalurkan pula sebelumnya di Kota Palu, masing-masing di Kel. Mamboro, Mamboro Barat, Taipa dan Kayumalue Ngapa.

——————————-

Sumber: Tim PPID Dinsos Sulteng

Hak Berita pada Dinsos Sulteng.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *